Harga : Rp 1.000.000

LCD LED Netbook 10.1 Inch, tersedia :

  • Model 40 Pin, Slim
  • Model 40 Pin, Tebal
  • Model 30 pin, Slim
  • Model 30 pin, Tebal

(* sertakan pilihan saat pembelian)

 

Kualitas Original untuk berbagai macam merk laptop : qompaq, hp, asus, acer, toshiba, lenovo, samsung, dell, dan merk lainnya.

Pengertian LED Laptop

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Dari hal tersebut, Anda bisa mengartikan bahwa layar LED adalah layar yang terdiri dari komponen dioda elektronik berwujud kecil yang dapat memancarkan cahaya. Layar LED dapat memancarkan cahaya yang dapat dilihat (seperti yang biasa kita lihat sehari-hari) dan juga yang tidak dapat dilihat (contohnya seperti sinar infra merah yang digunakan untuk melihat dalam gelap gulita). LED (Light Emitting Diode) merupakan teknologi yang lebih baru, lebih hemat energi dan juga lebih jernih. Namun, LED juga merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya.

Teknologi LED Laptop

Bisa dibilang, teknologi LED adalah teknologi layar generasi kedua yang digunakan pada laptop setelah LCD. Mayoritas produsen laptop saat ini sudah menggunakan LED karena teknologi ini memiliki konsumsi daya listrik yang lebih irit ketimbang LCD. Konsumsi daya listrik layar LED kurang lebih 8 Watt, dan angka tersebut bisa bervariasi tergantung dari ukuran layar. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, hal tersebut menjadi penyebab mengapa laptop keluaran tahun 2009 ke atas rata-rata sudah memiliki ketahanan baterai yang lebih tahan lama, atau istilahnya hemat baterai.

Cara Kerja LED Laptop

Cara kerja LED berawal dari penemuan bahwa elektron yang mengalir pada sambungan P-N juga melepaskan energi berupa energi cahaya dan panas. LED dibuat agar lebih meningkatkan efisiensi daya saat mengeluarkan cahaya. Untuk mendapatkan emisi cahaya dari semikonduktor, LED menggunakan doping. Doping yang dipakai adalah Galium, Arsenik dan Fosfor. Jenis doping yang berbeda akan menghasilkan warna cahaya yang berbeda juga. Saat ini, warna-warna cahaya yang banyak digunakan adalah warna merah, kuning dan hijau. Walaupun ada cahaya dioda berwarna biru, namun warna tersebut sangat langka.

Kelebihan LED Laptop

Selain hemat energi, layar LED memiliki kualitas gambar yang jauh lebih terang dan lebih tajam dibandingkan layar LCD. Hal tersebut karena Dinamic Contrast Ratio pada layar LED jauh lebih besar ketimbang LCD. Umur layar LED pun cukup panjang, yaitu kurang lebih 100.000 jam, atau 18 tahun jika dipakai kurang lebih 15 jam per hari.

Jika dilihat sekilas secara fisik, Anda tidak akan menemukan perbedaan yang berarti antara LCD dan LED. Keduanya memiliki ketebalan yang minim. Perbedaan teknologi yang paling kentara adalah pada layar LED kabel inverter sudah tidak dipakai karena memang teknologi LED tidak menggunakan inverter.

Ciri-Ciri LED Laptop Rusak Dan Harus Diganti

1. Layar Flicker atau Bergoyang

Kasus yang satu ini biasanya banyak terjadi pada laptop yang terlalu banyak dilakuakn gerakan buka tutup pada laptop. Flicker disini adalah kondisi dimana LCD menampilkan garis yang sangat banyak ataupun kondisi dimana LCD akan menampilkan tampilan yang abstrak dan diikuti dengan tampilan yang bergetar.

2. Adanya Goomy

Tanda ini biasanya tidak selalu terlihat sekilas kadang kita bisa melihat Goomy pada sudut layar yang berbeda, misalnya dilihat dari samping akan terlihat. Goomy itu sendiri adalah bercak putih yang terdapat pada layar. Bercak putih ini terlihat lebih terang jika dibandingkan dengan bagian LCD lainnya.

3. LED Bergaris

Berikutnya ditandai dengan garis yang biasanya vertical dan adapula yang horizontal. Tanda yang satu ini mudah terlihat bahkan akan sangat nampak. Apabila masalah ini tidak segera diatasi akan menjadi kerusakan yang permanen atau artinya jika sudah sekali saja terjangkit dengan adanya LCD yang bergaris maka aka nada secara terus menerus dan tidak bisa dihilangkan.

4. LED Menampilkan Tampilan Artifact

Selanjutnya kerusakan yang sangat jarang namun bisa saja terjadi pada salah satu perangkat hard ware laptop. Kerusakan yang ditandai ketika tampilan pada layar berbentuk kotak-kotak atupun huruf pada karakter tertentu yang muncul dan memenuhi seluruh tampilan pada layar, dan bahkan bisa saja tampilan pada layar menjadi tidak terlihat sama sekali, hal ini tentunya sangat menyebalkan mengganggu aktivitas kita.

5. LED Blank

Nah, yang terakhir ini adalah kerusakan parah dan juga kasus yang sering terjadi dialami oleh pengguna laptop, baik dari yang murah sampel level medium sekalipun. Adapun satu hal ini juga bisa saja menjadi kerusakan yang sering terjadi yaitu kerusakan dimana LCD tidak menampilkan aktifitas ataupun tampilan apapun.

6. LED Pecah/Retak

LED yang pecah bisa saja akan menampilkan tampilan LED yang bergaris ataupun ada noda menghitam seperti tinta hitam yan tersebar pada LED atau bahkan menutupi sebagian dari LED tersebut. Pecahnya LED bisa saja karena terjatuh, mendapatkan tekanan dari beban yang terlalu berat ataupun juga karena terkena benturan.

Ketika LED mulai pecah dan hanya pada satu bagian saja yang pecah bisa saja menjadi menyebar ke bagian LED yang lain dan tentu akan semakin membuat LED tidak bisa dilihat dan bahkan menghitam secara penuh. Untuk kerusakan yang satu ini bisa dikatakan menjadi kerusakan yang sangat parah dan tidak ada lagi pertolongan pertamanya kecuali dengan menggantinya.